PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN MELALUI MEDIA PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH KAUMAN KIDUL KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015

Yasidah, Azatul (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN MELALUI MEDIA PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH KAUMAN KIDUL KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Azatul Yasidah_11511011.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Islamiyah Kauman Kidul pada mata pelajaran IPA dengan Media Picture and picture. Masalah utama yang ingin dijawab peneliti adalah 1) penggunaan Media Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA Materi Penggolongan Hewan pada siswa kelas IV MI Kauman Kidul Kota Salatiga Tahun 2015? Guna menjawab pertanyaan tersebut penelitian melakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan terdiri dari (1) planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian lainnya. (2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Alam Materi penggolongan hewan. (3) observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan. (4) reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Islamiyah Kauman Kidul yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 9 laki-laki dan 12 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan media picture and picture pada saat pembelajarn IPA materi penggolongan hewan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan kelas IV tahun 2015. Melalui Media Picture and picture adanya peningkatan hasil belajar yang dapat dilihat kondisi awal dari hasil pembahasan yaitu Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra-siklus sebesar 46,66 atau 66% siswa yang tuntas belajar, pada siklus I meningkat menjadi 68.57 atau 80% siswa dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 77.14 atau 100% siswa tuntas. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Penggolongan hewan pada siswa kelas IV MI Islamiayah Kauman Kidul Kecamatan Sidorejo Kota Tahun 2015.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 03:33
Last Modified: 17 Feb 2016 03:33
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item View Item