PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA BERDASARKAN KENAMPAKAN ALAM MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE PADA SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH KAUMAN KIDUL KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN 2015

Mundaviah, . (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA BERDASARKAN KENAMPAKAN ALAM MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE PADA SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH KAUMAN KIDUL KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Mundaviah_11511012.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi Questions Students have dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam pada siswa kelas IV MI Islamiyah Kauman Kidul Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga tahun 2015. Subjek penelitian ini guru mata pelajaran IPS dan siswa kelas IV MI Islamiyah Kauman Kidul terdiri dari 21 siswa yaitu 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan selama 5 bulan mulai April sampai Agustus 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing- masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan membandingkan pencapaian nilai tiap siklus dengan ditandai adanya peningkatan Kriteria Keruntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan II diperoleh data sebagai berikut: Standar KKM mata pelajaran IPS adalah 60, sebelum menggunakan strategi Questions Students Have hanya ada 24% (5 siswa) yang tuntas, sedangkan 76% (16 siswa) belum memenuhi standar KKM. Setelah menggunakan Strategi Questions Students Have dalam pembelajaran IPS pada siklus I diperoleh data 52% (11 siswa) tuntas dan 48% (10 siswa) tidak tuntas. Jika dilihat peningkatannya sebesar 28%. Setelah dilakukan refleksi siklus I, terjadi peningkatan prestasi belajar pada siklus II yaitu 90% (19 siswa) tuntas sedangkan 10% (2 siswa) tidak tuntas atau belum memenuhi standar KKM, terjadi peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 38% dibandingkan dengan siklus I. Perbandingan hasil belajar dengan pra siklus dengan siklus I yaitu terjadi peningkatan sebesar 28%. Sedangkan jika dibandingkan dengan siklus II terjadi peningkatan 66%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 03:35
Last Modified: 17 Feb 2016 03:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item View Item