STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN NILAI SIMPANAN BERJANGKA DI BMT AL-IJTIHAD PABELAN DARI TAHUN 2012 HINGGA TAHUN 2014

Laelia Fahrudin, Rifki (2018) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN NILAI SIMPANAN BERJANGKA DI BMT AL-IJTIHAD PABELAN DARI TAHUN 2012 HINGGA TAHUN 2014. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN NILAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Nilai Simpanan Berjangka di BMT Al-Ijtihad Pabelan dari Tahun 2012 hingga Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan data kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu pertumbuhan jumlah nilai simpanan berjangka di BMT Al-Ijtihad Pabelan dari tahun 2012 hingga 2014 mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Tahun 2012 jumlah nilai simpanan berjangka Rp 470.731.250, tahun 2013 naik 16,5 % dan pada tahun 2014 jumlah nilai simpanan berjangka naik 18 %. Strategi pemasaran produk simpanan berjangka BMT Al-Ijtihad yaitu; 1). Menawarkan produk yang sesuai dengan prinsip syariah; 2). Menjelaskan tentang produk simpanan berjangka kepada masyarakat; 3). Menawarkan bagi hasil yang besar kepada anggota simpanan berjangka dibandingkan lembaga keuangan lain; 4). Menyebarkan brosur-brosur; 5). Memasang iklan; 6). Menjadi sponsor acara; 7). Mengajukan proposal penawaran kerjasama; 8). Membangun kantor cabang yang dekat dengan anggota; 9). Memberikan pelayanan yang ramah, mudah dan cepat; 10). Menggunakan sistem jemput bola; 11). Biaya administrasi lebih murah; 12). Memanfaatkan ikatan emosional anggota. Kendala yang dihadapi BMT Al-Ijtihad Pabelan yaitu: 1). Banyaknya persaingan dengan produk simpanan berjangka dengan lembaga keuangan lainnya; 2). Animo masyarakat yang masih awam dengan simpanan berjangka; 3). Belum adanya lembaga penjamin simpanan (LPS); 4). Lokasi anggota penyimpan yang jauh dari BMT Al-Ijtihad; 5). Kurangnya tenaga lapangan yang benar-benar mempunyai ilmu tentang perbankan syariah dan penguasaan tentang produk simpanan berjangka syariah; 6). Masyarakat sekitar yang kurang mengenal BMT Al-Ijtihad; 7). Kurangnya kesadaran masyarakat sekitar untuk menabung; 8). Pengambilan simpanan yang tidak bisa sewaktu-waktu dan; 9). Minimnya anggota BMT Al-Ijtihad yang datang ke kantor. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Simpanan Berjangka, dan BMT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keuangan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2018 04:10
Last Modified: 13 Mar 2018 04:10
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/2795

Actions (login required)

View Item View Item