STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM SUDIRMAN 1 BANCAK KAB.SEMARANG TAHUN 2015

Fauziyah, Istikhana (2015) STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM SUDIRMAN 1 BANCAK KAB.SEMARANG TAHUN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Istikhana Fauziyah_11110108.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan strategi pengembangan untuk guru PAI dalam meningkatkan kompetensi pedagogi di SMP Islam Sudirman 1 Bancak Kab. Semarang. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah strategi pengembangan kompetensi pedagogi guru PAI di SMP Islam Sudirman 1 Bancak., dan (2) Apa faktor pendukung bagi guru PAI dalam mengembangkan kompetensi pedagogi di SMP Islam Sudirman 1 Bancak., (3) Apa faktor penghambat guru PAI dalam mengembangkan kompetensi pedagogi bagi di SMP Islam Sudirman 1 Bancak.,(4) Bagaiman upaya guru PAI untuk mengatasi hambatan dalam mengembangkan kompetensi pedagogi di SMP Islam Sudirman 1 Bancak. Metode penelitian yang dilakukan peneliti yaitu melalui pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada di SMP Islam Sudirman 1 Bancak, kehadiran peneliti sebagai pengamat dan sebagai pengumpul data, dengan cara Wawancara serta Dokumentasi. Hasil penelitian strategi pengembangan kompetensi pedagogi. Disusun untuk mencapai tujuan tertentu yang telah diterapkan oleh guru. Pengembangan diri yang dilakukan guru dalam mengembangkan konpetensi pedagogi dengan membaca buku, melakukan penilaian terhadap diri sendiri, motivasi terhadap diri sendiri. Pengembangan kelembagaan guru akti mengikuti organisasi keguruan seperti MGMP, workshop, seminar,studi banding, dan lain-lain. Strategi pengembangan diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru secara pedagogi. Faktor pendukungnya berdasarkan diri sendiri, siswa, serta cara-cara lain yang dikuasai oleh guru. Hambatannya sumber daya manusia dalam menjalankan strategi pengembangan kompetensi pedagogi, waktu yang minim, sarana dan prasarana yang terbatas. Mengatasi hambatan dari Sumber daya manusia dengan pembinaan yang dilakukan Kepala Sekolah, mengikuti workshop, seminar studi banding, waktu yang minim dapat dimaksimalkan dengan persiapan yang matang dan manajemen waktu yang tepat. Sarana dan prasarana terbatas guru dapat meningkatkan kreatifitas dalam mesinergikan metode dengan materi pelajaran yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 07:37
Last Modified: 17 Feb 2016 07:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item View Item