POLA PEMBINAAN PRA PERNIKAHAN DALAM PENURUNAN ANGKA PERCERAIAN DI KUA KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG) 2014-2015

Mahmuzun, Mahmuzun (2015) POLA PEMBINAAN PRA PERNIKAHAN DALAM PENURUNAN ANGKA PERCERAIAN DI KUA KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG) 2014-2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Mahmuzun_21111007.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahua perceraian yang terjadi di KUA kecamatan kandangan. Adapun pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pola pembinaan prapernikahan di KUA Kandangan ? (2) Bagaimana Efektifitas pembinaan prapernikahan di KUA Kandangan? (3) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan pembinaan prapernikahan dan faktor apa saja yang mengahmbat? Penulis dalam hal ini mendasarkan pada penelitian field research, berarti penelitian lapangan yaitu penelitian obyek di lapangan untuk mendapatkan data dan gambaran yang jelas dan konkrit tentang hal-hal yang berhubungan dengan pembinaan pra pernikahan di KUA Kandangan. Dalam penelitian ini maka peneliti akan terjun secara langsung ke KUA untuk mengetahui tentang pembinaan yang dilakukan, serta peneliti juga melakukan sedikit tanya jawab kepada masyarakat mengenai pembinaa yang dilakukan oleh pihak KUA dan sebagai mana efektif pembinaan pra pernikahan itu berlangsung baik itu bagi masyarakat maupun bagi KUA itu sendiri. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa kenapa dari sekian banyak calon pengantin banyak yang banyak bahkan hampir semuanya mengikuti pembinaan pra pernikahan yang dilakukan oleh pihak KUA, akan tetapi ketika sudah banyak banyak yan megikuti pembinan tetapi angka perceraian masih tinggi juga. Maka ketika sudah melihat hal tersebut perlu adanya perubahan dalam pembinaan pra pernikahan yang dilakukan oleh KUA sehingga pada saat berlangsungya pembinaan serta tidak berkesan monoton atau membosankan bagi calon pengantin, sehingga perlu adanya perubahan-perubahan yang harus dilakukan baik itu dari pihak KUA sendiri maupun dari masyarakat, perubahan tersebut dilakukan dalam rangka menekan angka perceraian yang terjadi dalam pembinaan pra pernikahan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 08:51
Last Modified: 17 Feb 2016 08:51
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item View Item