TEKNIK PEMASARAN : MARKETING MIX PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH SIKALA BMT TUMANG CABANG BOYOLALI

Sriyati, Sriyati (2018) TEKNIK PEMASARAN : MARKETING MIX PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH SIKALA BMT TUMANG CABANG BOYOLALI. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
SRIYATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana teknik pemasaran marketing mix pada BMT Tumang Cabang Boyolali dalam memasarkan produk tabungan Mudharabah Sikala dan faktor-faktor kendala yang dihadapi BMT Tumang Cabang Boyolali dalam memasarkan produk marketing mix. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana teknik pemasaran marketing mix yang ditempuh oleh BMT Tumang Cabang Boyolali untuk memasarkan Sikala. Faktor-faktor apa yang menjadi kendala BMT Tumang Cabang Boyolali dalam memasarkan produk marketing mix produk Sikala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang dilakukan BMT Tumang Cabang Boyolali meliputi : elemen-elemen marketing mix yaitu Strategi Produk (Product), Strategi Harga (Price), Strategi Promosi (Promotion) dan Strategi Tempat (Place). Demikian juga dalam teknik pemasaran produk tabungan mudharabah Sikala tidak menggunakan teknik khusus. Meskipun dengan demikian produk tabungan Sikala lebih diminati oleh masyarakat dari pada produk-produk lain. Karena produk tabungan Sikala dapat memberikan manfaat pada anggota penyimpan yang berupa bagi hasil simpanan sesuai dengan kesepakatan. Besarnya bagi hasil simpanan ditetapkan menurut keuntungan BMT Tumang Cabang Boyolali dengan nisbah antara BMT : anggota adalah 70 : 30. Bagi hasil yang dimaksud akan diperhitungkan setiap akhir bulan dan akan ditambahkan secara otomatis ke rekening simpanan anggota setiap awal bulan. Sedangkan faktor-faktor yang menjadi kendala BMT Tumang Cabang Boyolali dalam memasarkan produk terletak pada lingkungan manajemen BMT sendiri dan pesaing yang ada di wilayah Boyolali. Kompetitor lainya juga otomatis menjadi pesaing bagi BMT Tumang dalam melakukan kegiatan usahanya. Kata kunci : marketing mix, teknik pemasaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Hadits
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2018 07:52
Last Modified: 19 Mar 2018 07:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3095

Actions (login required)

View Item View Item