POLA PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DALAM KELUARGA TKW Studi Kasus di Keluarga TKW Dusun Tugu, Desa Banding, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang 2014

Umami, Muslikhahtun (2015) POLA PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DALAM KELUARGA TKW Studi Kasus di Keluarga TKW Dusun Tugu, Desa Banding, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang 2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Muslikhatun Umami_11110034.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan akhlak di keluarga TKW Dusun Tugu. Pertanyaan umum yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana pola pendidikan akhlak dalam keluarga TKW? (a) Siapa saja pihak yang terlibat dalam pendidikan akhlak anak di keluarga TKW? (b) Bagaimana strategi pendidikan akhlak di keluarga TKW? ((c) Nilai akhlak apa saja yang ditanamkan dalam pendidikan akhlak di keluarga TKW? (2) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi keluarga dalam pendidikan akhlak anak di keluarga TKW Dusun Tugu, Desa Banding, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang 2015? (3) Apa faktor-faktor yang memengaruhi pembentukan akhlak anak di keluarga TKW?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan jenis penelitian fenomenologis. Jadi kehadiran peneliti dilapangan sangat penting mengingat peneliti bertindak langsung dalam proses pencarian data dilapangan. Data yang berbentuk kata-kata diambil dari informan pada waktu mereka diwawancarai. Dengan kata lain data tersebut berupa keterangan dari para informan. Selain data yang berupa keterangan yaitu data dari hasil observasi. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu mengadakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan tahap akhir dari analisa data adalah mengadakan keabsahan temuan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pihak yang terlibat dalam pendidikan akhlak anak adalah orang tua, keluarga, guru atau ustadz, dan masyarakat. Strategi pendidikan akhlak anak dengan pemberian nasihat, peneladanan, dan pemberian hadiah. Nilai akhlak yang ditanamkan ada jujur, rajin, sabar, disiplin, ketuhanan. Kendala yang dihadapi keluarga dalam pendidikan akhlak kurangnya pengetahuan pengasuh, kurangnya ketrampilan pengasuh, dan kurangnya kepedulia pengasuh. Faktor yang memengaruhi pembentukan akhlak anak adalah perhatian pengasuh, faktor bawaan anak, dan lingkungan. Dari hasil penelitian tersebut setiap anak mendapatkan pengasuhan yang berbeda, sehingga akhlak dari setiap anak juga berbeda tergantung pada pendidikan, kepribadian anak, serta lingkungan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 03:05
Last Modified: 18 Feb 2016 03:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item View Item