IMPLEMENTASI DAN IMPLIKASI PENDIDIKAN HUMANISME RELIGIUS PADA PONDOK PESANTREN BAGI MASYARAKAT (STUDI DI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO, GEDANGAN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2014)

Faharna, Stri Ana (2015) IMPLEMENTASI DAN IMPLIKASI PENDIDIKAN HUMANISME RELIGIUS PADA PONDOK PESANTREN BAGI MASYARAKAT (STUDI DI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO, GEDANGAN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2014). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Stri Ana Farhana_11110082.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengetahui implementasi dan implikasi pendidikan humanisme religius pada Pondok Pesantren bagi masyarakat. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk pendidikan di Pondok Pesantren Edi Mancoro ? (2) Bagaimana materi pendidikan di Pondok Pesantren Edi Mancoro mempunyai relevansi dengan pembentukan jiwa humanis dan religius ? (3) Bagaimana sistem pendidikan yang dikembangkan di Pondok Pesantren Edi Mancoro untuk mencapai pendidikan humanis dan religius ? (4) Bagaimana peran Pondok Pesantren Edi Mancoro dalam mewujudkan humanisme religius di masyarakat ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif etnografi. Temuan penelitian ini, implementasi dan implikasi pendidikan humanisme religius di pondok pesantren bagi masyarakat dirasa menjadi sebuah terobosan baru model pendidikan di dunia pesantren. Berdasarkan penelitian ini maka penulis menyimpulkan bahwa : pertama, bentuk pendidikan yang terdapat di Pondok Pesantren Edi Mancoro adalah penyelenggaraan pembelajaran dengan pendekatan tradisional. Dan pembelajaran ilmu-ilmu Agama Islam dilakukan secara individual atau kelompok dengan menggunakan kitab-kitab klasik berbahasa Arab. Kedua, keterkaitan materi pendidikan dengan tradisi yang ada di pondok pesantren. Kurikulum yang menekankan pengkajian kitab kuning yang ditulis oleh ulama klasik menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan pesantren sejalan dengan pemikiran masa lalu namun masih tetap berlaku pada masa sekarang. Ketiga, sistem pendidikan Pondok Pesantren Edi Mancoro menggunakan beberapa sistem yang tradisional yaitu pola pengajaran sorogan, bandongan, wetonan dan musyawarah dalam mengkaji kitab-kitab agama. Ke empat, semua kegiatan yang berlangsung dalam masyarakat sekitar Pondok Pesantren Edi Mancoro untuk mewujudkan humanisme religius semata-mata ditujukan untuk lebih dekat kepada masyarakat sekitar. Sehubungan dengan kegiatan santri yang secara langsung berhubungan dengan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 03:36
Last Modified: 18 Feb 2016 03:36
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item View Item