PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI HUBUNGAN ANTARA CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V MI SALAFIYAH KENDAL KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2014/2015

Nur'aini, Fitri (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI HUBUNGAN ANTARA CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V MI SALAFIYAH KENDAL KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Fitri Nuraini_11510034.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui bagaiaman peningkatan prestasi belajar siswa pada materi hubungan antara ciri-ciri mahluk hidup dengan lingkungannya mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas V MI Salafiyah Kendal Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2014/2015?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Adapun langkah- langkah dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi Dari penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: prestasi belajar siswa dalam materi hubungan antar ciri-ciri mahluk hidup dengan lingkungannya melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT terjadi peningkatan. Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) matapelajaran IPA yang sudah ditetapkan di MI Al Salafiyah Kendal adalah 70. Pada siklus I dari 15 siswa kelas V setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang berhasil mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal adalah 10 siswa (66,67%). Pada siklus II mengalami peningkatan 20% dari siklus I menjadi 13 siswa (86,67%). Hasil ini diperoleh dari nilai akhir pembelajaran baik dari siklus I maupun siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khusunya pada mata pelajaran IPA kelas V materi hubungan antara ciri-ciri mahluk hidup dengan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 03:50
Last Modified: 18 Feb 2016 03:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item View Item