HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN MOTIVASI MENGHAFAL DENGAN PRESTASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MAHASISWA DI RUMAH TAHFIDZ DAARUL ILMI MANGUNSARI, SIDOMUKTI, SALATIGA TAHUN 2018

Irmawati, Fitri (2018) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN MOTIVASI MENGHAFAL DENGAN PRESTASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MAHASISWA DI RUMAH TAHFIDZ DAARUL ILMI MANGUNSARI, SIDOMUKTI, SALATIGA TAHUN 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Irmawati, Fitri. 2018. Hubungan Antara Intensitas Menghafal Al-Qur’an dan Motivasi menghafal terhadap Prestasi menghafal di Rumah Tahfidz Daarul Ilmi IV Mangunsari, Sidomukti, Salatiga. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing:Dr, Winarno, S.Si., M.Pd. Kata kunci : menghafal al-Qur’an, motivasi menghafal dan prestasi menghafal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara intensitas menghafal al-Qur’an dan motivasi menghafal terhadap prestasi menghafal pada mahasiswa di Rumah Tahfidz Daarul Ilmi Jangkungan RT IV/ RW IV Mangunsari, Sidomukti, Salatiga pada tahun 2018. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa IAIN Salatiga yang termasuk santri di Rumah Tahfidz Daarul Ilmi yang terdiri dari 18 orang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang di gunakan untuk mendapatkan data atau informasi menggunakan angket/ lembar kuesioner, observasi serta dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunkan analisis deskriptif dan analiais uji hipotesis yang dibantu dengan program aplikasi spss versi 19.00. Penelitian ini diperoleh bahwa intensitas menghafal al-qur’an yang masuk kategori tinggi adalah 88,8%, kategori sedang mencapai 5,5 %, kategori rendah mencapai 5,5%. Motivasi menghafal siswa masuk kategori tinggi adalah 77,8 %, kategori sedang mencapai 11,1 %, kategori rendah mencapai 11,1%. Sedangkan prestasi menghafal yang masuk kategori tinggi sebanyak 55,6%, kategori sedang mencapai 33,3%, dan kategori rendah mencapai 11,1%. Hubungan antara intensitas menghafal al-Qur’an dengan motivasi menghafal diperoleh nilai rhitung 0,635) > rtabel (0,514), maka terdapat hubungan antara intensitas menghafal al-Qur’an dengan motivasi menghafal dengan arah hubungan yang positif dan merupakan korelasi kuat. Hubungan antara intensitas menghafal al-Qur’an dengan prestasi menghafal diperoleh nilai rhitung 0,568) > rtabel (0,514) maka terdapat hubungan antara intensitas menghafal al-qur’an dengan prestasi menghafal dengan arah hubungan positif dan meunjukkan korelasi sedang. Hubungan antara motivasi menghafal dengan prestasi menghafal diperoleh nilai rhitung (0,876) > rtabel (0,514) maka terdapat hubungan antara motivasi menghafal dengan prestasi menghafal dengan arah hubungan yang positif merupakan korelasi secara kuat. Hubungan antara intensitas menghafal al-Qur’an dan motivasi menghafal dengan prestasi menghafal didapat nilai 0,868> 0,514, maka terdapat hubungan antara intensitas menghafal al-Quran dan motivasi menghafal dengan prestasi menghafal secara positif serta menunjukkan bahwa hubungan tersebut terdapat korelasi secara sempurna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2018 02:18
Last Modified: 25 Apr 2018 02:18
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/3619

Actions (login required)

View Item View Item