UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PETA LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV DI MI NURUL HUDA KRANDON LOR 02 KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Hasanah, Ziadatul (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PETA LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV DI MI NURUL HUDA KRANDON LOR 02 KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Ziadatul Hasanah_1151001.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan prestasi belajar IPS Pokok Bahasan Peta Lingkungan Setempat melalui metode Talking Stick pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Krandon Lor 02 Desa Krandon Lor Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang tahun 2014. Masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah:Apakah penggunaan metode Talking Stick dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS materi peta lingkungan setempat siswa kelas IV Nurul Huda Krandon Lor 02 Desa Krandon Lor Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015? Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 1 pra siklus dan 3 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian lainnya. 2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran IPS pokok bahasan pengertian peta dan komponen-komponen peta, 3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan, 4) Reflekting, menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Nurul Huda Krandon Lor 02 Desa Krandon Lor Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang yang berjumlah 16 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan metode Talking Stick pada saat pembelajaran IPS. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Talking Stick mampu menarik perhatian siswa terhadap pelajaran IPS. Dapat dilihat dari hasil pengamatan siswa terhadap perhatian belajar siswa menunjukkan, pra-siklus yang memenuhi KKM ada 3 siswa (18,75%), setelah menggunakan metode Talking Stick pada siklus I menjadi 7 siswa (43,75%), siklus II menjadi 12 siswa (75%) dan siklus III menjadi 16 siswa (100%). Nilai yang tidak memenuhi KKM pada pra-siklusada 13 siswa (81,25%), setelah menggunakan metode Talking Stick pada siklus I menjadi 9 siswa(56,25%), siklus II menjadi 4 siswa (25%) dan siklus III (0%). Dengan menggunakan metode Talking Stick yang tepat akan mampu meningkatkan prestasi dan ketuntasan belajar siswa, dilihat dari rata-rata hasil tes formatif pada setiap siklus yaitu pra-siklus (54,38), siklus I menjadi (65,63), siklus II menjadi (75) dan siklus III menjadi (86,25). Mengacu pada hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada para guru atau calon guru untuk selalu meningkatkan kreatifitas dalam memilih metode, media, model dan strategi pembelajaran yangbervariasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:17
Last Modified: 18 Feb 2016 04:17
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

View Item View Item