IMPLEMENTASI KURIKULUM 2006 (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT NIDAUL HIKMAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Kajian tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan)

Umam, Muhamad Khoirul (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2006 (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT NIDAUL HIKMAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Kajian tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Umam, Muhamad Khoirul 2018. Implementasi Kurikulum 2006 (KTSP) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018 (Kajian tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan). Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatchurrohman, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Implementasi, KTSP, Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan. Dalam mewujudkan tujuan Pendidikan Agama Islam di sekolah, maka guru PAI merupakan faktor penting untuk mengaplikasikan tujuan tersebut dalam menyusun kurikulum yang memuat SI dan SKL serta mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran sesuai dengan SNP yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Karena dalam KTSP, guru lebih dominan lagi terutama dalam menjabarkan SK dan KD agar bisa tercapai hasil belajar sesuai dengan SKL yang ditetapkan. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pada kurikulum 2006 (KTSP) di SMP IT Nidaul Hikmah? (2) Apa saja yang menjadi faktor penghambat dan faktor pendorong dalam pengimplementasian Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pada Kurikulum 2006 (KTSP) di SMP IT Nidaul Hikmah Salatiga? (3) Langkah apa saja yang dilakukan sekolah untuk keluar dari hambat yang dihadapi dalam pengimplementasian Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pada Kurikulum 2006 (KTSP) dalam Pendidikan Agama Islam? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hal ini melibatkan berbagai pihak, yaitu: kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru PAI. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Pada dasarnya pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Kurikulum KTSP berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dalam rangka pemenuhan SI, dari perencanaan proses pembelajaran, guru PAI mengembangkan dan menyusun silabus pembelajaran dan mengimplementasikannya ke dalam RPP. Dalam penyusunan RRP guru PAI mengadopsi RPP yang dibuat oleh pusat. Dari segi evaluasi hasil pembelajaran, guru menggunakan sistem PBK. Program pembiasaan yang dilakukan berupa sholat dhuha berjamaah, tahfidz, tutorial PAI dan BTAQ. Untuk pemenuhan SKL, SMP IT Nidaul Hikmah Salatiga menentukan SKL satuan pendidikan dan juga menentukan SKL yang menjadi profil siswa SMP IT Nidaul Hikmah Salatiga. Dalam pencapaian kompetensi mata pelajaran PAI nilai KKM yang ditentukan adalah 75. (2) a) Faktor pendukungnya antara lain: SDM Guru, Kegiatan pembiasaan keislaman, Kerjasama orang tua/peserta didik/guru dan Pembinaan dari dinas. b) Sedangkan faktor penghambatnya adalah: peserta didik dan regulasi pemerintah yang berubah sewaktu-waktu. (3) solusi yang ditempuh yaitu: Pembinaan terhadap guru, Konsultasi dengan orang tua, Konsultasi dengan dokter, dan Melengkapi sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2018 04:34
Last Modified: 25 Apr 2018 04:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3679

Actions (login required)

View Item View Item