PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET DAN PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2012 DI IAIN SALATIGA TAHUN 2015

Ulil Maunatul, Choiriyah (2016) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET DAN PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2012 DI IAIN SALATIGA TAHUN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
maunatul Choiriyah_11111143.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah intensitaspenggunaan internet pada mahasiswa Jurusan PAI angkatan 2012 di IAIN Salatigatahun 2015, (2) Bagaimanakah intensitas penggunaan perpustakaan padamahasiswa Jurusan PAI angkatan 2012 di IAIN Salatiga tahun 2015, (3)Bagaimanakah hasil belajar pada mahasiswa Jurusan PAI angkatan 2012 di IAINSalatiga tahun 2015, (4) Apakah ada pengaruh intensitas penggunaan internetterhadap hasil belajar pada mahasiswa Jurusan PAI angkatan 2012 di IAINSalatiga tahun 2015, (5) Apakah ada pengaruh intensitas penggunaanperpustakaan terhadap hasil belajar pada mahasiswa Jurusan PAI angkatan 2012di IAIN Salatiga tahun 2015, (6) Apakah ada pengaruh intensitas penggunaaninternet dan perpustakaan terhadap hasil belajar pada mahasiswa Jurusan PAIangkatan 2012 di IAIN Salatiga tahun 2015.Selanjutnya untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan studi korelasional.Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 235 responden. Denganpengambilan sampel sebanyak 24 responden. Pengambilan sampel menggunakanmetode proporsional random sampling. Kemudian metode pengumpulan datamenggunakan angket untuk variabel X, dan metode dokumentasi untuk variabelY. Selanjutnya data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan rumus productmoment dan regresi ganda yang kemudian disajikam dalam bentuk deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Intensitas penggunaan Internet padamahasiswa tergolong tinggi dengan persentase 91,67%. (2) Intensitas p enggunaanperpustakaan pada mahasiswa tergolong tinggi dengan persentase 79,17%. (3)Hasil belajar pada mahasiswa tergolong memuaskan dengan persentase 66,67%.(4) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara intensitas penggunaanInternet terhadap hasil belajar pada mahasiswa, hal ini ditunjukkan dengan rh< rt(0,016 < 0,404). (5) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara intensitaspenggunaan perpustakaan terhadap hasil belajar pada mahasiswa, hal iniditunjukkan dengan rh> rt(0,50 > 0,404). (6) Ada pengaruh yang positif dansignifikan antara intensitas penggunaan Internet dan perpustakaan terhadap hasilbelajar pada mahasiswa, hal ini ditunjukkan dengan rh> rt(0,604 > 0,404).Kemudian hasil teresebut di uji kebenarannya menggunakan uji F dengan tarafkesalahan 5%, dan diperoleh Fh sebesar 6,08, Ftsebesar 3,47. Jadi, dapatdisimpulkan bahwa Fh > Ft(6,08 > 3,47) berarti persamaan regresi tersebutsignifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 05:01
Last Modified: 22 Jan 2020 01:14
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item View Item