PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PRIBADI MUSLIM SISWA SMP AL-MAS’UDIYYAH BANDUNGAN, KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Amalia, Ulfa (2015) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PRIBADI MUSLIM SISWA SMP AL-MAS’UDIYYAH BANDUNGAN, KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Ulfa Amalia_11110154.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Pribadi muslim adala identitas yang dimiliki seseorang sebagai ciri khas dari keseluruhan tingkah laku sebagai muslim, baik yang ditampilkan dalam tingkah laku secara lahiriah maupun sikap batinnya dalam rangka pengabdian dan penyerahan diri kepada Allah. Namun, pada dasarnya kepribadian bukan terjadi serta merta, akan tetapi terbentuknya melalui proses kehidupan yang panjang. Oleh karena itu banyak faktor yang ikut ambil bagian dalam upaya membentik kepribadian tersebut. Salah satunya di lingkungan sekolah karena sebagian kegiatan anak dalam kesehariannya banyak dihabiskan di lingkungan sekolah. di lingkungan sekolah guru sebagai pendidik bagi anak memiliki tugas yang amat besar sekali terhadap perkembangan kepribadiannya. Penelitian ini membahas Peran Guru Pendidikan Islam dalam Membentuk Pribadi Muslim Siswa SMP Al-Mas’udiyyah Bandingan, Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2014/1015. Fokus Penelitian yang akan dikaji adalah: 1.Bagaimana usaha guru pendidikan agama Islam dalam membentuk pribadi muslim siswa SMP Al-Mas’udiyyah Bandungan, Kab. Semarang tahun pelajaran 2014/2015; 2. Metode apa saja yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam membentuk pribadi muslim siswa smp Al-Mas’udiyah 3. Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam emembentuk pribadi muslim siswa SMP Al- Mas’udiyyah Bandungan, Kab. Semarang tahun pelajaran 2014/2015; 4. Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk pribadi muslim siswa SMP Al-Mas’udiyyah Bandungan, Kab. Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan sebagai pengumpul data hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Data yang berbentuk kata-kata diperoleh dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pembentukan pribadi muslim siswa di SMP Al-Mas’udiyyah Bandungan, Kab. Semarang dilaksanakan secara intensif setiap hari dan terus menerus. Usaha-usaha guru Pendidikan agama Islam dalam membentuk pribadi muslim yaitu dengan mengadakan kegiatan-kegiatan seperti Sholat Dhuha berjama’ah, Tadarus, Sholat Dhuhur berjama’ah, muatan pesantren dan pengajian wadhih. Metode yang digunakan adalah metode Ceramah, Metode Teladan, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi, Metode Latihan dan Pembiasaan, Metode Demontrasi, Metode Konseling Metode Ganjaran dan Hukuman. Guru pendidikan agama Islam berperan sebagai pengawas, peran sebagai Teladan, Peran Sebagai Pembimbing, Peran sebagai Penegak hukum, Peran sebagai pemberi Ganjaran dan Hukuman. Faktor yang menghambat pembentukan pribadi muslim: a). Waktu : terbatasnya waktu dalam membentuk pribadi muslim siswa. b). Terbatasnya pengawasan dari sekolah. c). Latar belakang siswa yang berbeda-beda. d). Sarana dan prasarana yang kurang mendukung. e). Minimnya pendidikan agama orang tua x dan kurangnya perhatian orang tua. f). Perkembangan informasi yang tidak mengenal batas. Faktor pendukung: a). Adanya kerja sama antara sekolah dengan orang tua dalam mengawasi, mendidik dan membina siswa. b). Lingkungan sekolah yang masih kental dengan kegiatan keagamaan. c). Adanya kegiatan-kegiatan sekolah. d). adanya tata tertib di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 05:09
Last Modified: 18 Feb 2016 05:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item