PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI INDRA DENGA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV MI KLUMPIT KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2013/2014

Nurhidayah, Septi (2015) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI INDRA DENGA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV MI KLUMPIT KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Septi Nurhidayah_11509002.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki guru adalah memahami bagaimana membangkitkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Kemampuan ini akan membentuk watak peserta didik, serta memahami bagaimana siswa belajar. Salah satu penyebab rendahnya minat belajar dan kemampuan menguasai materi adalah kurangnya variasi pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar. Selama ini metode yang digunakan adalah metode ceramah. Peneliti ingin mencoba menggunakan media audio visual untuk mengetahui seberapa besar minat siswa dalam mengikuti pelajaran IPA materi indra (mata, telinga dan kulit) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media audio visual dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi indra pada siswa kelas IV MI Klumpit Karanggede Boyolali tahun ajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Klumpit Kec. Karanggede, Kab. Boyolali yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian dilakukan pada semester satu pada tahun 2013/2014. Penelitian ini menggunakan media audio visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan media audio visual. Dari hasil angket yang diperoleh dapat diketahui bahwa: persentase nilai A adalah 25 %, persentase nilai B adalah 50% dan persentase nilai C adalah 25%, sedangkan dari Siklus II dapat diketahui bahwa persentase nila A adalah 25%, persentase nilai B adalah 62,5% dan persentase nilai C adalah 12,5%. Dengan media audio visual terbukti dapat meningktkan minat belajar siswa. xi Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan, maka penulis menyarankan kepada guru kelas untuk menggunakan strategi pembelajaran yang bervariatif, seperti media audio visual. Agar siswa lebih semangat dan berminat untuk mengikuti semua mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 06:40
Last Modified: 18 Feb 2016 06:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/382

Actions (login required)

View Item View Item