HUBUNGAN ANTARA PROFESIONALISME GURU DENGAN KEBERHASILAN SISWA DALAM BELAJAR PADA KELAS V MI AL ITTIHAD SEMOWO KEC.PABELAN KAB. SEMARANG TAHUN 2014

Asyari, Abdul Majid (2015) HUBUNGAN ANTARA PROFESIONALISME GURU DENGAN KEBERHASILAN SISWA DALAM BELAJAR PADA KELAS V MI AL ITTIHAD SEMOWO KEC.PABELAN KAB. SEMARANG TAHUN 2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Abdul Majid Asyari_11508002.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahuihubungan antara profesionalisme guru dengan keberhasilan siswa dalam belajar di MI Al Ittihad Semowo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang Tahun 2014. Pertanyaan pertama yang ingin dijawab melalui pertanyaan ini adalah (1) Bagaimana profesionalisme guru di MI Al Ittihad Semowo,?,(2) Bagaimana keberhasilan siswa dalam belajar di MI Al Ittihad Semowo, dan (3) Bagaimana hubungan antara profesionalisme guru dengan keberhasilan siswa MI Al Ittihad Semowo tahun 2014? Untuk menjawab pertayaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian lapangan (field research) dan subyek penelitian yaitu siswa anggota MI Al Ittihad Semowo sebanyak 30 siswa dari 30 siswa, artinya diambil 100% dari populasi. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan rumus koefisiensi produck moment. Temuan penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara guru profesionalisme dengan keberhasilan belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil temuan yang menunjukkan bahwa nilai profesional guru diketahui bahwa kategori tinggi (A) sebanyak 1 siswa atau (60%), kategori sedang (B) sebanyak 11 siswa atau (36,66%), sedangkan kategori rendah (C) sebanyak 1 siswa atau (3,33%). Kemudian hasil angket keberhasilan siswa dalam belajar diketahui bahwa kategori tinggi (A) sebanyak 3 siswa atau (10%), kategori sedang (B) sebanyak 20 siswa atau (66,66%), sedangkan kategori rendah (C) sebanyak 7 siswa atau (23,33%). Kemudian untuk mengetahui hubungan atau pengaruh, dihitung menggunakan rumus koefisiensi produck moment yang diketahui dengan nilai r xy hitung = 0,236. Selanjutnya untuk membuktikan signifikan atau tidaknya hubungan antara profesional guru dengan keberhasilan siswa dalam belajar pada kelas V di MI Al Ittihad Semowo, maka harga atau nilai r xy (0.236) di konsultasikan dengan r tabel produck moment dengan taraf signifikansi 5% yaitu (0,361) dan taraf signifikansi 1% (0,463). Maka hasil yang diperoleh itu nil ai r xy (0.236) lebih kecil dari r tabel 5% (0,361) < r xy (0.236) >1% (0,463)artinya hasil uji dinyatakan signifikan bila dihubungkan dengan hipotesis, yang hasil kerja hitung tersebut mengindikasikan bahwa ada hubungan yang signifikan antara profesinalisme guru dengan keberhasilan siswa dalam belajar pada kelas V di MI Al Ittihad Semowo tahun 2014.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 06:43
Last Modified: 18 Feb 2016 06:43
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item