PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN JUAL BELI ELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF KUTOWINANGUN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015

Puspasari, Pipit (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN JUAL BELI ELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF KUTOWINANGUN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Pipit Puspasari_11511007.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi adanya kenyataan bahwa hasil evaluasi yang didapatkan dari guru kelas menunjukan bahwa pencapaian kkm kelas yang dilihat dari kkm individu baru mencapai 76% dari target minimal 85%. Sedangkan pencapaian kkm nasional secara klasikal baru 47%. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi siswa masih dibawah standar kkm yang diharapkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi yang di peroleh peserta didik setelah di terapkannya Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pembelajaran IPS siswa kelas III MI Ma’arif, Kutowinangun, Salatiga. Masalah yang ingin di jawab dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas III MI Ma’arif, Kutowinangun, Salatiga? Apakah penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan presentase pencapaian KKM kelas? Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas III MI Ma’arif Kutowinangun Salatiga. Data penelitian ini di ambil melalui pemberian tes formatif untuk mengetahui prestasi belajar siswa, dengan materi pokok kegiatan jual beli berdasarkan hasil penelitian maka pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS bagi siswa kelas III MI Ma’arif Kutowinangun Salatiga tahun pelajaran 2015. Siklus I ke siklus II terjadi kenaikan 0,80 dan pada siklus II ke siklus III terjadi kenaikan 1,17. Tercapainya target pencapaian KKM (kelas) pada siklus I KKM individu sebanyak 13 siswa ( 77 %) dan KKM nasional sebanyak 4 siswa ( 24 %). terjadi peningkatan pada siklus II KKM individu sebanyak 14 sisw a ( 83 %) dan KKM nasional sebanyak 9 siswa ( 53 %). peningkatan terjadi pada siklus III KKM individu sebanyak 16 siswa ( 94 %) dan KKM nasional sebanyak 15 siswa ( 88 %). Penelitian Tindakan Kelas ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 06:46
Last Modified: 18 Feb 2016 06:46
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item