PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGHITUNG PEMBAGIAN MELALUI METODE JARIMATIKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ratnasari, Siti (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGHITUNG PEMBAGIAN MELALUI METODE JARIMATIKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Siti Ratnasari_11510041.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

xi Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok atau mata pelajaran wajib yang ada di jenjang pendidikan dasar. Namun kenyataannya sampai sekarang masih ada siswa yang kurang berminat terhadap matematika, hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang belum mencapai titik optimal. Tujuan pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah untuk membantu anak dalam kegiatan sehari-hari terutama dalam berhitung. Berdasarkan hasil pengamatan pada siswa kelas IIIB MI Ma’arif Mangunsari Salatiga mengenai materi berhitung terutama materi pembagian masih sangat rendah. Banyak siswa yang kurang memahami konsep dan cara berhitung dengan benar. Maka dari itu rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pembagian untuk kelas III MI Ma’arif Mangunsari Salatiga?. Sedangkan tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menghitung pembagian melalui metode jarimatika untuk kelas III MI Ma’arif Mangunsari Salatiga. Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka peneliti mencoba membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIB MI Ma’arif Mangunsari dalam materi menghitung pembagian dengan metode jarimatika. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Instrumen penelitian menggunakan tes, pedoman observasi dan pengamatan. Data diperoleh dari subyek penelitian siswa sebanyak 30 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran matematika tentang materi pembagian dengan menggunakan metode jarimatika diperoleh bahwa dengan metode jarimatika dapat meningkatkan hasil nelajar berhitung pembagian kelas III MI Ma’arif Mangunsari Salatiga. Hasil tes siswa pada siklus I setelah menggunakan jarimatika ketuntasan yang tadinya sebesar 27% (8 siswa) menjadi 53% (16 siswa). Hasil tes siklus II setelah menggunakan jarimatika ketuntasan yang tadinya 37% (11 siswa) menjadi 70% (21 siswa). Sedangkan hasil tes siklus III setelah menggunakan jarimatika ketuntasan yang tadinya sebesar 43% (13 siswa) menjadi 87% (26 siswa). Hal ini berarti setiap siklus mengalami peningkatan hasil belajar. Siklus I mengalami peningkatan 28% (8 siswa), siklus II mengalami peningkatan 33% (10 siswa) dan siklus III mengalami peningkatan 43% (13 siswa).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 06:51
Last Modified: 18 Feb 2016 06:51
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item View Item