IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK PADA SISWA KELAS VII DI SMP ISLAM TERPADU NIDAUL HIKMAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ulfa, Amalia (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK PADA SISWA KELAS VII DI SMP ISLAM TERPADU NIDAUL HIKMAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AMALIA 2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak : Ulfa, Amalia. 2018. Implementasi Pendidikan Akhlak pada Siswa Kelas VII Di SMPIslam Terpadu Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M. Si. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Akhlak Kemerosotan akhlak anak di zaman modern ini sangat membawa dampak buruk bagi anak. Penyebab kemerosotan akhlak anak yaitu dipengaruhi oleh lingkungan, baik lingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah. Kenakalan ini berupa mabuk-mabukan, pergaulan bebas, tawuran dan lain sebagainya. Salah satu upaya menanamkan akhlak adalah lewat pendidikan di sekolah melalui program kegiatan sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, rumusan masalahnya yaitu bagaimana implementasi pendidikan akhlak pada siswa kelas VII di SMP Islam Terpadu Nidaul Hikmah salatiga, bagaimana hambatan dan solusi dalam implementasi pendidikan akhlak Pada siswa kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: implementasi pendidikan akhlak pada siswa di SMP Islam Terpadu Nidaul Hikmah Salatiga, Hambatan dalam implementasi pendidikan akhlak di SMP Islam Terpadu Nidaul Hikmah Salatiga, dan Solusi dalam implementasi pendidikan akhlak di SMP Islam Terpadu Nidaul Hikmah Salatiga. Metode penelitianya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru PAI, guru BP, guru pendamping mentoring dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, implementasi pendidikan akhlak di SMP Islam Terpadu Nidaul Hikmah Salatiga adalah melalui kegiatan belajar mengajar, ekstrakulikuler, kegiatan keagamaan dan melalui bimbingan. Kedua, hambatan implementasi pendidikan akhlak adalah adanya hambatan yang muncul dari anak didik, guru, kurangnya pengawasan orang tua dan sarana prasarana serta pengaruh negatif di era digital. Ketiga, solusi yang dilakukan dalam implementasi pendidikan akhlak adalah mengevaluasi siswa, memberikan sanksi, mendidik dengan penuh kesabaran, keikutsertaan orangtua dalam mendukung dan memotivasi siswa dan antar guru saling bekerjasama atau saling berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2018 04:33
Last Modified: 28 Apr 2018 04:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3878

Actions (login required)

View Item View Item