PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SHOLAT SUNNAH (BERJAMAAH DAN MUNFARID) MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VIII.A SEMESTER I SMP NEGERI 3 SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Susilo, Muhammad Tejo (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SHOLAT SUNNAH (BERJAMAAH DAN MUNFARID) MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VIII.A SEMESTER I SMP NEGERI 3 SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Tejo Susilo. 2018. Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Sholat Sunnah (Berjamaah dan Munfarid)menggunakan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VIII.A Semester I SMP Negeri 3 Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Fakukltas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Snowball Throwing. Skripsi ini dilatar belakangi oleh hasil belajar yang kurang memuaskan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Sholat Sunnah (Berjamaah dan Munfarid). Hal ini dikarenakan guru yang dalam pembelajarannya masih menggunakan metode ceramah dimana siswa cenderung pasif dalam pembelajarannya. Sehingga diperlukan pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa dengan menggunakan metode Snowball Throwing. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penerapan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Sholat Sunnah (Berjamaah dan Munfarid) pada siswa kelas VIII.A semester I SMP Negeri 3 Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. PTK dilaksanakan di SMP Negeri 3 Suruh Kabupaten Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian dengan menggunakan metode Snowball Throwing menunjukkan bahwa keterlibatan siswa meningkat yang berdampak pada hasil belajar siswa yang juga mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode Snowball Throwing, dengan hasil sebagai berikut: siklus I presentasi hasil belajar siswa terdapat 11 siswa atau 41% siswa tuntas sedangkan 16 atau 59% siswa tidak tuntas, kemudian di siklus II presentasi hasil belajar siswa 24 siswa atau 89% siswa dinyatakan tuntas, sedangkan ada 3 peserta didik atau 11% siswa tidak tuntas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2018 04:42
Last Modified: 28 Apr 2018 04:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3881

Actions (login required)

View Item View Item