IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI WONOSEGORO KAB. BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Fatihin, Khoirul (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI WONOSEGORO KAB. BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI W.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fatihin, Khoirul. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Wonosegoro Kab. Boyolali. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Kegiatan Keagamaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan di MTs Negeri Wonosegoro Kab. Boyolali. Fokus masalah yang dikaji adalah: 1) Pendidikan karakter siswa di Mts Negeri Wonosegoro Kab. Boyolali. 2) Implementasi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan di MTs Negeri Wonosegoro Kab. Boyolali. 3) Apa kendala dan solusi dalam implementasi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan di MTs Negeri Wonosegoro Kab. Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah tenaga pendidik dan siswa. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan telah berjalan dengan baik sesuai dengan program yang telah ditentukan melalui beberapa kegiatan baik itu pembiasaan, kegiatan intra sekolah maupun ektrakurikuler. Kegiatan pembiasaan diantaranya adalah menyimak dan menghafal Juz amma, sholat dhuha berjamaah, doa sebelum pelajaran, membaca asmaul Husna, infaq dan sholat dzuhur berjamaah. Kegiatan keagamaan melalui inta sekolah yaitu kegiatan pembelajaran agama yang dilakukan di kelas dan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan melalui ektrakurikuler yaitu tahfidz atau menghafal Al-qur’an dan Kaligrafi. Nilai- nilai karakter yang ditanamkan melalui kegitan-kegiatan keagamaan tersebut ialah nilai religius, disiplin, tanggug jawab, jujur, gemar membaca, peduli sosial, kerja keras, komunikatif, toleransi, dan menghargai prestasi. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan ialah nilai religius, disiplin, tanggung jawab, jujur, gemar membaca, peduli sosial, kerja keras, komunikatif, toleransi, dan menghargai prestasi. Kendala yang dihadapi ialah terbatasnya waktu pelaksanaan kegiatan keagamaan, fasilitas yang kurang memadai, pengawasaan kegiatan yang kurang maksimal, kurangnya semangat siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan. Cara mengatasi kendala ialah dengan penambahan jam kegiatan diluar kegiatan belajar mengajar, pelaksanaan kegiatan sholat dzuhur dibagi menjadi dua tempat yaitu masjid dan mushola, membuat jadwal sholat dhuha secacra bergiliran, pembuatan daftar hadir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2018 04:52
Last Modified: 28 Apr 2018 04:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3884

Actions (login required)

View Item View Item