HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DENGAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII DI SMP N 1 GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Supriyatiningsih, Dwi (2018) HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DENGAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII DI SMP N 1 GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Supriyatiningsih, Dwi. 2017. Hubungan Latar Belakang Pendidikan dengan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VII di SMP N 1 Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Sumarno Widjadipa, M.Pd Kata Kunci: latarbelakangpendidikandanhasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siswa SMP Negeri 1 Grabag Kelas VII pada mata pelajaran PAI, nama yang lebih unggul antara yang berasal dari SD, SDIT, atau MI dan untuk mengetahui hubungan latar belakang pendidikan dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Grabag, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIASMP Negeri 1 Grabag yang terdiri dari 32 siswa. Teknikanalisis data menggunakananalisisdeskriptifkuantitatifdengannaratifmendeskripsikanseluruhkejadianselamadilakukantindakandananalisisdeskriptifkuantitatifdenganpersentase yang menunjukkanpemahamandanperkembanganhasilbelajarsiswa. Hasil penelitiantelahdiperolehhasilbelajar PAI SMP Negeri 1 Grabag Kabupaten Magelang yang tertinggi (nilai rata-rata) siswa siswi dari SDIT sebesar 86,75 dan yang menempati peringkat berikutnya adalah siswa siswi dari MI sebesar 83,58 kemudian yang terakhir ditempati oleh siswa siswi dari SD sebesar 75,21. Pada analisis data yang telah diperoleh dengan menggunakan rumus korelasi product moment, diperoleh koefisisen korelasi antara latar belakang pendidikan siswa dengan hasil belajar siswa (rxy) sebesar 0,351. Hasilnya dikonsultasikan dengan r tabel product moment N = 32 dalam taraf signifikasi 5% diperoleh 0,349. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rh 0,351>0,349 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara latar belakang pendidikan siswa dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Grabag, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat latar belakang pendidikan siswa semakin tinggi pada tingkat hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2018 06:32
Last Modified: 28 Apr 2018 06:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3894

Actions (login required)

View Item View Item