PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG PEMBAGIAN MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS III DI SDN CANDIGARON 02 KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Laila, Arnanda Afroh (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG PEMBAGIAN MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS III DI SDN CANDIGARON 02 KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Arnanda Afroh Laila_11510082.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa tentang operasi hitung pembagian yang masih rendah yaitu dibawah KKM= 60. Secara klasikal nilai tes formatif siswa belum memenuhi KKM, dari 16 siswa baru 4 siswa yang memenuhi KKM atau sebesar 25% sedangkan sisanya masih berada di bawah KKM, rata-rata kelas hanya mencapai 45,5. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan belajar matematika mengenai operasi hitung pembagian dengan menggunakan metode Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas III SDN Candigaron 02 Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas III SDN Candigaron 02 dengan siswa yang berjumlah 16 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran matematika tentang operasi hitung pembagian kelas III tahun pelajaran 2014. Melalui Metode Kooperatif tipe TGT adanya peningkatan hasil belajar yang dapat dilihat pada kondisi awal yakni pada pra siklus 25%, siklus I 37,5 %, dan siklus II 87,5% siswa tuntas. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Metode Kooperatif Tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung pembagian pada siswa kelas III SDN Candigaron 02 Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 07:04
Last Modified: 18 Feb 2016 07:04
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item