PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA NYARING MELALUI METODE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS II SEMESTER II MI AL-ITTIHAD SEMOWO KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nadifah, Fuadatun (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA NYARING MELALUI METODE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS II SEMESTER II MI AL-ITTIHAD SEMOWO KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nadifah, Fuadatun,. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Nyaring melalui Metode Scramble pada Siswa Kelas II Semester II MI Al-Ittihad Semowo Kcamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Metode Scramble Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia materi membaca nyaring siswa kelas II Semester II MI Al-Ittihad Semowo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar yaitu kurangnya pendampingan guru secara intensif karena terbatasnya waktu, kegiatan belajar yang monoton dan tidak bervariasi, dan kurangnya motivasi dari guru. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah melalui metode Scramble dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi membaca nyaring pada siswa kelas II semester II MI Al-Ittihad Semowo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018 Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II MI Al-Ittihad Semowo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Data pada penelitian ini diperoleh dari lembar pengamatan, soal evaluasi berupa tes objektif dan subjektif, dokumentasi, dan observasi pada pembelajaran bahasa Indonesia materi membaca nyaring dengan menggunakan metode Scramble. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa metode Scramble dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik materi membaca nyaring pada siswa kelas II semester II MI Al-Ittihad Semowo Kec. Pabelan Kab. Semarang tahun pelajaran 2017/2018 dan dapat melampaui target pencapaian 85% dari jumlah seluruh siswa dengan yang mencapai KKM, 94% siswa telah mencapai KKM. Pada aspek kognitif dibuktikan dengan peeningkatan persentase dari pra siklus sebanyak 15 siswa yang mencapai KKM atau 46% dari keseluruhan siswa kelas II dengan nilai rata-rata 64,4, kemudian pada siklus I sebanyak 20 siswa atau 60% dengan nilai rata-rata 72,3, pada siklus II sebanyak 27 siswa atau 82% dengan nilai rata-rata 82,1, dan pada siklus III sebanyak 31 siswa atau 94% yang mencapai KKM dari keseluruhan siswa kelas II yang berjumlah 33 siswa dengan nilai rata-rata 87,8. Pada aspek afektif, siklus I rata-rata kelas sebesar 13,5 meningkat menjadi 16 pada siklus II dan 16,3 pada siklus III dengan predikat sangat baik. Pada aspek psikomotorik, siklus I rata-rata kelas sebesar 12,4 meningkat menjadi 15,2 pada siklus II dengan predikat baik dan menjadi 16 pada siklus III dengan predikat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 May 2018 06:56
Last Modified: 02 May 2018 06:56
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4021

Actions (login required)

View Item View Item