PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK A DI RA MASITOH PENDEM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HARYATI, NUR DEWI (2018) PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK A DI RA MASITOH PENDEM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi jadi.pdf

Download (11MB)

Abstract

Haryati, Nur Dewi. 2018. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Melalui Finger Painting Pada Anak Kelompok A di RA Masitoh Pendem Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Peni Susapti, S.Si. M.Si Kata Kunci : Motorik Halus, Finger Painting, Anak Usia Dini. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengembangkan motorik halus anak melalui finger painting pada anak usia dini di RA Masitoh Pendem tahun pelajaran 2016/2017. Pertanyaan utama yang akan di jawab melalui penelitian ini adalah apakah melalui finger painting dapat mengembangkan motorik halus pada anak kelompok A di RA Masitoh Pendem tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian yang hendak di peroleh adalah untuk mengetahui finger painting dapat meningkatkan kreativitas anak didik dalam perkembangan motorik halus pada anak kelompok A di RA Masitoh Pendem tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian yang di lakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian praktis yang di maksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Alasan peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas adalah peneliti ikut terlibat langsung dalam penelitian, kelas yang berisi anak didik di jadikan objek penelitian, maka siswa yang berada di kelas tersebut adalah sebagai populasi yang di teliti. Hasil dari perkembangan motorik halus melalui finger painting pada anak kelompok A di RA Masitoh Pendem tahun pelajaran 2016/2017 mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, yaitu Pra Siklus sebesar 28%, siklus I sebesar 52% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Adapun KKM (kriteria ketentuan minimal) nilai yang ideal adalah 75% , bila mana PTK ini dinyatakan berhasil jika nilai anak yang telah mencapai KKM ketentutasan 75%. Penerapan finger painting dapat mengembangkan motorik halus pada anak kelompok A di RA Masitoh Pendem Tahun Pelajaran 2016/2017, yaitu dengan hasil siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebanyak 52%. Pada siklus II sebanyak 94%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 May 2018 07:06
Last Modified: 02 May 2018 07:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4023

Actions (login required)

View Item View Item