IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SMP NEGERI 2 TUNTANG

Muslikhatun, Muslikhatun (2018) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SMP NEGERI 2 TUNTANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DAFTAR ISI-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Muslikhatun. 2017.Implementasi Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 2 Tuntang. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Implementasi Penilaian Autentik, Mata Pelajaran PAI. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui bagaimana model evaluasi mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekertidi SMPN 2 tuntang kabupaten semarang. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) bagaimana model evaluasi mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekertidi kelas VII, (2) bagaimana implementasi model evaluasi mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di kelas VII?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data-data yang diperoleh dari obyek penelitian dengan metode wawancara, metode pengamatan dan metode dokumentasi, yang kemudian dilakukan analisis dengan cara mendeskripsikan data dari key informan, mereduksi data sesuai kebutuhan penelitian kemudian dianalisi oleh penulis, disimpulkan untuk menjawab tujuan penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa model evaluasi mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekertidi kelas VII sudah berjalan dengan baik dan menggunakan evaluasi kurikulum 2013 sesuai dengan kemenag. Adapun evaluasi yang digunakan meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Walaupun demikian terdapat hambatan dalam melakukan evaluasi diantaranya terdapat pada guru dan penilaian antar siswa. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah guru memberikan umpan balik terhadap siswa dan mengajarkan siswa untuk sering berlatih diskusi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 May 2018 07:28
Last Modified: 02 May 2018 07:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4028

Actions (login required)

View Item View Item