UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS V MI NU 39 KERTOSARI KEC. SINGOROJO KAB. KENDAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Faridawati, Rifa (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS V MI NU 39 KERTOSARI KEC. SINGOROJO KAB. KENDAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Rifa Faridawati_11509016.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Proses pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah NU 39 Kertosari Kecamatan Singorojo telah menggunakan metode dalam pelaksanaan pembelajarannya, tetapi cenderung kurang memperhatikan manfaat dari metode tersebut, akibatnya hasil belajar siswa pun rendah. Berdasarkan keadaan tersebut, maka penulis mengadakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar manfaat metode cooperative learning mampu meningkatkan prestasi belajar siswa apabila digunakan sebagai metode dalam pembelajaran IPA tersebut. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan pada tiap siklus terdiri atas empat langkah kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian Kolaborasi dilakukan oleh dua orang guru yang saling bergantian mengamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan m etode cooperative learning dalam pelajaran IPA mampu meningkatkan prestasi belajar. Hasil prestasi belajar yang diperoleh sebelum menggunakan metode cooperative learning hanya 10 siswa yang tuntas atau 41,67%, dan setelah menggunakan metode cooperative learning dalam pembelajaran IPA pada siklus I siswa yang mencapai nilai KKM menjadi 15 siswa atau 62,5%, meningkat 5 siswa atau 20,83% dari kondisi awal. Kemudian pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM menjadi 20 siswa atau 83,33% meningkat 20,83% dari siklus I. Sehingga dari data tersebut penulis menyimpulkan bahwa metode cooperative learning dapat digunakan dalam pembelajaran IPA karena dapat meningkatkan Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 07:36
Last Modified: 18 Feb 2016 07:36
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item View Item