Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Pembelajaran Kolaborasi Model Quantum Teaching dan Snowball Throwing pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia Mata Pelajaran IPS Kelas V MI Muhammadiyah Ngasinan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018.

Arifin, Wahid Nur (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Pembelajaran Kolaborasi Model Quantum Teaching dan Snowball Throwing pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia Mata Pelajaran IPS Kelas V MI Muhammadiyah Ngasinan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI WAHID NUR ARIFIN (115-13-060).pdf

Download (3MB)

Abstract

Nur, Arifin, Wahid. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Pembelajaran Kolaborasi Model Quantum Teaching dan Snowball Throwing pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia Mata Pelajaran IPS Kelas V MI Muhammadiyah Ngasinan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Drs. Sumarno Widjadipa, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Quantum Teaching dan Snowball Throwing, IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan kolaborasi model Quantum Teaching dan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia mata pelajaran IPS kelas V MI Muhammadiyah Ngasinan Kec. Wonosegoro Kab. Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngasinan Kec. Wonosegoro Kab. Boyolali yang terdiri 15 siswa yaitu 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 70 (sesuai dengan KKM yang diberlakukan di MI Muhammadiyah Ngasinan Kec. Wonosegoro Kab. Boyolali) sekaligus dengan ditandai adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan kolaborasi model Quantum Teaching dan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngasinan Kec. Wonosegoro Kab. Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan pada pra siklus rata-rata kelas mencapai 58,67 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa atau 33,33% dari 15 siswa, pada siklus I rata-rata kelas mencapai 63,67 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa atau 46,67%, kemudian pada siklus II rata-rata kelas mencapai 71,33 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa atau 66,67% dari 15 siswa, dan pada siklus III rata-rata kelas mencapai 80,80 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa atau 93,33% dari 15 siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 May 2018 07:36
Last Modified: 02 May 2018 07:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4031

Actions (login required)

View Item View Item