PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJAR STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYATUL MA’MUROH JELOK KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2018

Astuti, Indri (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJAR STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYATUL MA’MUROH JELOK KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rahmawati, Indri Astuti. 2018. Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Materi Sifat-sifat Cahaya pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Salafiyatul Ma’muroh Jelok Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali Tahun 2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Maslikhah, S.Ag., M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Pembelajaran IPA di MI Salafiyatul Ma’muroh Jelok Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali belum menggunakan berbagai model pembelajaran variatif. Hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan jenuh dalam pembelajaran oleh guru terutama materi sifat-sifat cahaya. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 65. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningktkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Salafiyatul Ma’muroh Jelok Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali tahun 2018?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Salafiyatul Ma’muroh Jelok Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Salafiyatul Ma’muroh Jelok Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali yang berjumlah 16 siswa meliputi 4 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar tes evaluasi, lembar pengamatan guru, dan lembar pengamatan guru dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SFE dapat meningkatkan hasil belajar siswa MI Salafiyatul Ma’muroh Jelok Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali Tahun 2018. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II 6,25% dan siklus II ke siklus III 18, 75%. Hal ini dapat dilihat perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 68,75% siswa tuntas belajar, siklus II 75% siswa tuntas belajar, dan siklus III 93,75% siswa tuntas belajar. Siswa yang belum tuntas pada Siklus III akan diberikan tindakan mandiri oleh guru berupa remedial atau latihan-latihan sehingga diharapkan siswa dapat tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 02:30
Last Modified: 03 May 2018 02:30
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4050

Actions (login required)

View Item View Item