PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS V MI KLERO KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018

Damayanti, Yamti (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS V MI KLERO KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Damayanti, Yamti. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Pendekatan Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) Pada Siswa Kelas V MI Klero Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Maslikhah, S.Ag., M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Pendekatan Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) Hasil belajar IPA di MI Klero Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 65. Hal ini dikarenakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah sehingga sulit dipahami oleh siswa. Gaya belajar siswa sangat memengaruhi siswa dalam memahami materi pembelajaran, sehingga pendekatan pembelajaran yang dipilih guru harus diubah menjadi pendekatan pembelajaran yang dapat memfasilitasi semua jenis gaya belajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah pendekatan pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas V MI Klero Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun 2018?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi gaya melalui pendekatan pembelajaran SAVI pada siswa kelas V MI Klero Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Klero Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang yang berjumlah 26 siswa meliputi 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Klero Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun 2018. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II 27% dan Siklus II ke Siklus III 19%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I 42% siswa tuntas belajar, Siklus II 69% siswa tuntas belajar, dan Siklus III 88% siswa tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 02:35
Last Modified: 03 May 2018 02:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4052

Actions (login required)

View Item View Item