Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Inklusi Di SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018.

Fadhilah, Astri Laelatul (2018) Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Inklusi Di SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
METODE PEMBELAJARAN PAI BAGI ANAK INKLUSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fadhilah, Astri Laelatul. 2018. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Inklusi di SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr.Fatchurrohman,S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Anak Inklusi (Anak Berkebutuhan Khusus) Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) metode pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak inklusi di SMP Negeri 7 Salatiga, 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 7 Salatiga. Oleh karena itu, guru dalam penyampaian materi harus menggunakan metode yang dapat diketahui langsung oleh siswanya dan yang menjadi faktor pendukung atau penghambat dalam pembelajaran bagi anak inklusi. Metode yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dimulai mulai bulan November 2017 di SMP N 7 Salatiga. Teknik pengumpulan data dengan wawancara kepada Guru Pendidikan Agama Islam, Guru Pembimbing Khusus (GPK), dan anak inklusi. Data di kumpulkan dengan observasi,dan dokumentasi kemudian data ditranskip menjadi data yang lengkap. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak inklusi itu sama dalam satu kelas dengan waktu yang sama yaitu dengan metode ceramah, diskusi, demonstrasi, drill, pembiasaan dll. Perbedaannya terlihat dalam perhatian khusus seorang guru dan memberikan jam tambahan secara pribadi, akan tetapi tambahan pelajaran ini tidak menjadi program inklusi melainkan tergantung sama guru mata pelajarannya agar anak inklusi tersebut tidak tertinggal dengan anak normal lainnya. Dulu program tambahan belajar itu sudah berjalan akan tetapi untuk tahun ini program tersebut belum berjalan kembali. Faktor pendukung yaitu secara internal adalah faktor keluarga, siswa sendiri, dan secara eksternal adalah faktor dari guru dan dinas pendidikan. Faktor penghambat dalam pembelajaran PAI bagi anak inklusi yaitu secara internal dari guru sendiri dan secara eksternal adalah dari sarana prasarana, program inklusi, pendanaan. Solusi dari semua penghambat yaitu agar sekolah dapat menjalankan program inklusi dan guru pembimbing khusus yang pada ranahnya dan pencairan dana dari pemerintah untuk anak inklusi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 03:14
Last Modified: 03 May 2018 03:14
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4057

Actions (login required)

View Item View Item