PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF KUMPULREJO 02 SALATIGATAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sumarsih, Sumarsih (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF KUMPULREJO 02 SALATIGATAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sumarsih, 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga.Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pogram Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci :Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Numbered Heads Together Pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga menunjukan hasil yang tidak memuaskan. Sebagian besar siswa menganggap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang mudah sehingga siswa menyepelekan mata pelajaran ini.Anggapan mudah tidak disertai dengan penguasaan materi yang baik sehingga nilai atau hasilbelajar siswa kurang memuaskan, hal ini ditunjukan dengan masih banyaknya siswa yang belum tuntas diatas KKM (70). Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga. Permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dengan langkah-langkah Menyusun rencana, Pelaksanaan tindakan, Observasi, dan Refleksi. Akhir refleksi pada siklus dua bahwa tujuan telah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus dua. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar dari prasiklus ke siklus I sebesar 11,43 dan dari siklus I ke siklus II sebesar 14.28. Hasil ketuntasan belajar kelas pada siklus II sebesar 95,25 %

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 04:10
Last Modified: 03 May 2018 04:10
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4067

Actions (login required)

View Item View Item