KORELASI POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DIMADRASAH TSANAWIYAH NU ASWAJA TENGARAN,KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sulimah, Sulimah (2018) KORELASI POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DIMADRASAH TSANAWIYAH NU ASWAJA TENGARAN,KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SULIMAH 11414003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sulimah. 2018, Korelasi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah NU Aswaja Tengaran, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017-2018. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: polaasuh orang tuadanprestasibelajar Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pola asuh orang tua, bagaimana tingkat prestasibelajar, serta adakah korelasi yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah NU AswajaTengaran Tahun Pelajaran 2017-2018. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (Field research) artinya sebuah studi penelitian yang mengambil data autentik secara obyektif / studi lapangan. Sedangkan pendekatan yang penulis pergunakan adalah kuantitatif. Analisisnya pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistik. Penulis menggunakan analisis deskriptif, dengan menggunakan teknik prosentase. Selanjutnya untuk mencari ada tidaknya hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil prestasi belajar peserta didik di sekolah, penulis menggunakan teknik statistic korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi pola asuh tergolong dalam 2 variasi adalah sebagai berikut: Pola asuh orang tua dalam katagori tinggi 64,3%. Pola asuh orang tua dalam katagori rendah 35,7%. Hal ini berarti mayoritas masuk dalam katagori tinggi.Variasi prestasi peserta didik tergolong 2 katagori yaitu Prestasi belajar dalam katagori tinggi 53,6%. Prestasi belajar dalam katagori rendah 46,4%. Ini berarti mayoritas prestasi belajar peserta didik masuk katagori tinggi. Analisis data dan hipotesis data diperoleh kesimpulan bahwa pola asuh orang tua yang baik berkorelasi positif terhadap prestasi belajar peserta didik, hal ini dibuktikan dengan nilai y hitung product moment (0,939) kemudian dikonsultasiakan dengan y tabel product moment pada taraf 1 %(0,478), dan hasilnya lebih besar y hitung, berarti ada korelasi positif signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 07:01
Last Modified: 03 May 2018 07:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4080

Actions (login required)

View Item View Item