PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN PENGARUHNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIGAWE KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG

Muna, Rifa’atul (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN PENGARUHNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIGAWE KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RIFA'ATUL MUNA 115-13-010 (PGMI).pdf

Download (5MB)

Abstract

Muna, Rifa’atul. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya dan Pengaruhnya Melalui Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisisons (STAD) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kaligawe Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Maslikhah, S.Ag., M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisisons (STAD). Pembelajaran IPA di SD Negeri Kaligawe Semarang Kecamatan Gayamsari Kota Semarang belum menggunakan berbagai model pembelajaran aktif dan masih bersifat konvensional. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru terutama materi gaya dan pengaruhnya. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 60. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya dan pengaruhnya pada siswa Kelas V SD Negeri Kaligawe Kecamatan Gayamsari Kota Semarang tahun 2018?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi gaya dan pengaruhnya melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa Kelas V SD Negeri Kaligawe Kecamatan Gayamsari Kota Semarang tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas V SD Negeri Kaligawe Kecamatan Gayamsari Kota Semarang yang berjumlah 28 siswa meliputi 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri Kaligawe Kecamatan Gayamsari Kota Semarang tahun 2018. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II 18% dan Siklus II ke Siklus III 25%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I 46% siswa tuntas belajar, Siklus II 64% siswa tuntas belajar, dan Siklus III 89% siswa tuntas belajar. Siswa yang belum tuntas belajar pada Siklus III akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remidiasi yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 07:13
Last Modified: 03 May 2018 07:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4084

Actions (login required)

View Item View Item