Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Sujud Dengan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas VIII D Di SMP Negeri 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018.

Shalihati, Khoirin Nisai (2018) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Sujud Dengan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas VIII D Di SMP Negeri 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
KHOIRIN NISAI S.pdf

Download (4MB)

Abstract

Shalihati, Khoirin Nisai. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Sujud Dengan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas VIII D Di SMP Negeri 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media video scribe Penelitian ini membahas tentang peningkatan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam materi sujud dengan media video scribe pada siswa kelas VIII D SMP N 5 Salatiga tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan pengamatan awal terhadap proses belajar mengajar dan Hasil belajar siswa kelas VIII D cenderung pasif dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Serta masih kurang maksimalnya penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar dalam kelas. Sehingga peneliti ingin menerapkan media Audio Visual (Video Scribe) sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media video scribe dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi sujud di kelas VIII D SMP N 5 Salatiga. Metodologi yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), mengambil bentuk penelitian kerjasama antara peneliti dengan guru. Pihak yang melakukan tindakan adalah guru sedangkan yag melakukan pengamatan aelama berlangsungnya tindakan adalah peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan utama,yaitu : perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Setiap akhir kegiatan dilakukan refleksi, sehingga kelemahan-kelemahan setiap siklus dapat dibenahi pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa diterapkannya media video scribe pada mata pelajaran PAI materi sujud dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas VIII D SMP N 5 Salatiga Tahun Ajaran 2017/2018. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dibuktikan dari nilai hasil belajar siswa setiap siklus mengalami peningkatan. Seperti data yang dipaparkan sebelumnya bahwasannya dari pra tindakan kemudian siklus I mengalami kenaikan ketuntasan siswa sebanyak 23%, dan dari siklus I dilanjutkan siklus II mengalami kenaikan 35%. Pada siklus II ini diberhentikan karena 100% siswa telah mencapai ketuntasan, sehingga penerapan media video scribe tersebut dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar PAI materi sujud kelas VIII D SMP N 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 May 2018 04:03
Last Modified: 04 May 2018 04:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4106

Actions (login required)

View Item View Item