KORELASI ANTARA PENDIDIKAN KEAGAMAAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK NU ROUDLOTUL FURQON DESA KEBUMEN KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG

Hardiyanti, Yuni (2015) KORELASI ANTARA PENDIDIKAN KEAGAMAAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK NU ROUDLOTUL FURQON DESA KEBUMEN KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Yuni Hardiyanti_11108167.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Pendidikan keluarga sangat penting dalam proses pembentukan kepribadian anak, karena orang tua merupakan pembina pribadi yang pertama dalam hidup anak, maka dari itu pendidikan orang tua yang diberikan kepada anaknya harus di mulai sejak lahir ke dunia ini, Dengan demikian keberhasilan anak belajar di kelas banyak terpengaruh oleh bagaimana situasi keluarga.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan keagamaan keluarga siswa, Untuk mengetahui tingkat kesejahteraan keluarga siswa dan untuk mengetahui korelasi antara pendidikan keagamaan dan tingkat kesejahteraan keluarga dengan kemandirian belajar siswa SMK NU Roudlotul Furqon Desa Kebumen Kec. Banyubiru Kab. Semarang Tahun 2014. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis kuantitatif. Dengan demikian, Kuantitatif mencakup penghitungan untuk mendapatkannilai-nilai agar mendapatkan korelasi per variabel. peneliti menggunakan teknik-teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, document dan angket. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Tingkat pendidikan keagamaan di SMK NU Roudlotul Furqon Kebumen Kec. Banyubiru Kab. Semarang tahun ajaran 2014/2015 tersebut terletak pada kualifikasi tinggi dengan mean 48, berada pada interval 47-60. ,Tingkat kesejahteraan keluarga kualifikasi tinggi dengan mean 50, berada pada interval 47-60, Tingkat kemandirian belajar siswa juga padakualifikasi tinggi dengan mean 50, berada pada interval 47-60. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikankeagamaan dengan kemandirian belajar siswa . r hitung 0,564 lebih besar dari r tabel (0,232), 0,564 > 0,232, Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat kesejahteraan keluarga dengan kemandirian belajar siswa di SMK NU Roudlotul Furqon Kebumen Kec. Banyubiru Kab. Semarang tahun ajaran 2014/2015. Tampak bahwa r hitung 0,537 lebih besar dari r tabel (0,232), 0,537 > 0,232 dan terdapat pengaruh antara pendidikan keagamaan dan tingkat kesejahteraan keluarga secara bersama-sama dengan kemandirian belajar siswa di SMK NU Roudlotul Furqon Kebumen Kec. Banyubiru Kab.Semarang sebesar 0,620 > 0,232 . Setelah dihitung, besar F hitung adalah 30,28. Jadi F hitung > F tabel (30,28 > 3,09) terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan keagamaan dan tingkat kesejahteraan keluarga Dengan kemandirian belajar siswa di SMK NU Roudlotul Furqon Kebumen Kec. Banyubiru Kab. Semarang tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 08:01
Last Modified: 18 Feb 2016 08:01
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item View Item