POLA PEMBINAAN KEAGAMAAN ANAK DALAM KELUARGA SINGLE PARENT DI KELURAHAN TEGALREJO KECAMATAN ARGOMULYO KOTAMADYA SALATIGA TH. 2015

Lestari, Eni (2015) POLA PEMBINAAN KEAGAMAAN ANAK DALAM KELUARGA SINGLE PARENT DI KELURAHAN TEGALREJO KECAMATAN ARGOMULYO KOTAMADYA SALATIGA TH. 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Eni Lestari_11108145.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Pada tataran ideal, struktur keluarga biasanya terdiri dari ayah, ibu dan anak, namun pada tataran praktis tidak setiap anak memiliki struktur keluarga yang lengkap secara ideal. Sebagian mereka hanya hidup bersama ayahnya saja atau sebaliknya dibesarkan oleh ibunya sendiri (single parent). Apalagi mengingat tidak mudahnya bagi orangtua single parent untuk mendidik dan membina anak-anak mereka seorang diri. Pertanyaan utama yang ingin dijawab lewat pertanyaan ini adalah (1) Bagaimana pola pembinaan keagamaan anak dalam keluarga single parent di kelurahan Tegalrejo Kecamatan Argomulyo Kotamadya Salatiga tahun 2015 ? (2) Apa kendala serta apa faktor pendukung dalam pembinaan keagamaan anak dalam keluarga single parent di Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Argomulyo Kotamadya Salatiga tahun 2015? Serta bagaimana solusinya?. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik trianggulasi sumber. Dalam temuan penelitian ini, menunjukkan bahwa (1) Pola pembinaan anak dalam keluarga single parent di Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Argomulyo adalah menggunakan beberapa cara yaitu cara keteladanan, cara nasehat, cara perhatian, carae pembiasaan, dan cara hukuman(2) serta faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi pembinaan keagamaan anak dalam keluarga single parent antara lain: keterbatasan waktu, kondisi pendidikan yang beragam dari orangtua single parent, terbatasnya pendapatan (financial) dalam kehidupan sehari-hari, seringkali anak keluarga single parent kurang bersemangat dalam proses pembinaan keagamaan, faktor-faktor pendukung antara lain: adanya masjid, adanya persepsi yang kuat tentang konsep doa anak sholeh/sholehah bagi orangtuanya yang telah meninggal, adanya harapan yang snagat kuat dari orangtua agar kehidupan anak-anak lebih baik dari orangtuanya dan kedekatan yang lebih kuat dengan anak (sebagai akibat dari kondisi keluarga single parent) memduahkan dalam pembinaan keagamaan. Serta solusinya antara lain : memberikan waktu ekstra kepada anak, keberagaman jenjang pendidikan orangtua single parent dapat dimanfaatkan dengan saling tukar pikiran, mengolah faktor psikologis anak-anak single parent dan memperbaiki ekonomi dengan upaya lebih dari satu profesi/pekerjaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 08:06
Last Modified: 18 Feb 2016 08:06
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item View Item