Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kleas V MI Ma’arif Miftahul Huda Lopait, Kec. Tuntang Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018

Aliyah, Aliyah (2018) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kleas V MI Ma’arif Miftahul Huda Lopait, Kec. Tuntang Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ALIYAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis puisi anak melalui media gambar siswa kelas V MI Miftahul Huda, Lopait, Kec Tuntang, Kab Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas V MI Miftahul Huda yang terdiri dari 23 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan cara pencapaian nilai hasil belajar setiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil prasiklus sebelum menerapkan media gambar hanya 16 siswa (69,56%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 7 siswa (30,43%) belum memenuhi KKM, meningkat pada siklus I yang menunjukan bahwa 18 siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal 78,26% dengan nilai rata-rata 73,47 sedangkan pada siklus II ada 21 siswa yang tuntas (91,30% ) dengan nilai rata-rata 82,60. Dengan demikian, hasil belajar siswa yang diperoleh siswa dari siklus I ke sisklus II mengalami peningkatan 13,04%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 02:52
Last Modified: 17 Oct 2018 02:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4167

Actions (login required)

View Item View Item