PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN PRIMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN TEAMS GAME TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IV MI AL-JUFRI SITIBENTAR KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

Mutmainah, Nurul (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN PRIMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN TEAMS GAME TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IV MI AL-JUFRI SITIBENTAR KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi full fix pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar matematika di MI Al-Jufri Sitibentar Kebumen masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 65. Hal ini dikarenakan dalam penyampaian materi pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa menjadi pasif. Model pembelajaran dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam proses. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan prima pada siswa kelas IV MI Al-Jufri Sitibentar Kebumen tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan prima pada siswa kelas IV MI Al-Jufri Sitibentar Kebumen tahun pelajaran 2017/2018 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al-Jufri Sitibentar Kebumen yang berjumlah 26 siswa meliputi 16 laki-laki dan 10 perempuan. Instrumen penelitian meliputi soal tes dan lembar observasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus presentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Al-Jufri Sitibentar Kebumen tahun 2018. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II 15%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 73% siswa tuntas belajar dan siklus II 88% siswa tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 03:11
Last Modified: 17 Oct 2018 03:11
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4169

Actions (login required)

View Item View Item