METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL QURAN SURAT AL MAIDAH AYAT 67 DAN AL NAHL AYAT 125

Mangsur, Mochamad (2015) METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL QURAN SURAT AL MAIDAH AYAT 67 DAN AL NAHL AYAT 125. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Mochamad Mangsur_11110077.pdf

Download (915kB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas metode pendidikan Islam dalam ayat Al-Quran khususnya ayat dalam surat Al Maidah dan surat Al Nahl. Fokus penelitian yang dikaji adalah: 1. Bagaimana prinsip-prinsip pelaksanaan metodologi pendidikan Islam. 2. Bagaimana metode pendidikan Islam yang ada dalam surat Al Maidah ayat 67 dan surat Al-Nahl ayat 125. Penelitian ini dikategorikan dalam jenis penelitian kepustakaan (Library Reseach) atau “kualitatif literal”. Penelitian kepustakaan adalah penelitian dengan mencari dan mengumpulkan kepustakaan atau bahan-bahan bacaan untuk mencari dan membandingkan naskah atau pendapat para ahli tafsir dan ahli pendidikan tentang metode pendidikan Islam, kemudian dianalisa untuk mendapatkan tujuan penelitian. Secara garis besar penulis menghendaki hasil penelitian ini memberi kontribusi dalam nuansa keilmuan pendidikan berkaitan dengan metode-metode pendidikan Islam, khususnya untuk memberi kemudahan pengajar dalam menunjukkan keberadaan dalil-dalil yang ada dalam Al-Quran berhubungan dengan metode yang digunakan pada proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa prinsip-prinsip pelaksanaan metodologi pendidikan Islam antara lain: Mengetahui motivasi (dorongan batin), kebutuhan dan minat anak didiknya. Mengetahui tahap kematangan, perkembangan, serta perubahan anak didik. Mengetahui perbedaan-perbedaan karakter individu di dalam anak didik. Metode dalam proses pendidikan memiliki fungsi yang sangat signifikan. Banyak pendapat yang menyatakan seberapa urgensi dari metode pendidikan seperti “Al-Thariqatu Ahammu min al-Maddati” artinya adalah metode jauh lebih penting dibanding materi. Dengan demikian menunjukkan bahwa metode dalam proses pendidikan sejak dahulu memiliki peran yang sangat penting. Berkaitan dengan skripsi ini ditemukan beberapa metode pendidikan Islam yang ada dalam Al-Quran seperti metode ceramah yang dianggap sudah tidak relevan karena terliat ketinggalan zaman dengan kecanggihan teknologi dan informasi dewasa ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 08:13
Last Modified: 18 Feb 2016 08:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item View Item