Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas 5 Mi Ma’rif Global Tahun Ajaran 2018/2019

Anthony, Albarra Rifqi (2018) Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas 5 Mi Ma’rif Global Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Last Mission BURN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreatifitas guru, magaimana minat belajar mata pelajaran matematika serta faktor-faktor yang menjadi penunjang dan penghambat dalam menanamkan minat belajar mata pelajaran melalui kreatifitas guru kepada siswa kelas 5 di MI Ma’arif Global Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapanngan (field research) dan bersifat kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil angket atau kuesioner kepada siswa kelas 5, berjumlah 23 reponden, sumber sekunder yang berupa profil sekolah dan observasi langsung ke sekolah. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, angket atau kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, kreativitas guru merupakan faktor yang mempengaruhi minat belajar mata pelajaran matematika yang mempunyai pengaruh signifikan antara kreativitas guru terhadap minat belajar mata pelajaran matematika siswa kelas 5 di MI Ma’arif Global Salatiga. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Ada variasi data kreativitas guru yang didapat berdasarkan hasil perhitungan variasi data dan diperoleh nilai mean 27 dan nilai tersebut tergolong sedang karena termasuk dalam interval (23-28), artinya pengaruh kreativitas guru adalah sedang untuk mempengaruhi minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika. 2) Ada variasi data minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika yang didapat dari hasil perhitungan variasi data dan diperoleh nilai mean 28 dan nilai tersebut tergolong sedang karena termasuk dalam interval (23-28), artinya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika termasuk sedang. 3) Ada pengaruh antara kreatifitas guru dengan minat belajar mata pelajaran matematika siswa kelas 5 MI Ma’arif Global, Salatiga tahun ajaran 2018/2019, berdasarkan dari nilai yang didapat dari analisis regresi dengan perhitungan menggunakan aplikasi SPSS dan diambil nilai koefisien regresi yang bernilai positif (+) maka dapat dikatakan bahwa pengaruh kreativitas guru berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika dan dengan bentuk persamaan yang didapatkan dari analisa data penelitian yakni garis regresi adalah Y = 14 + 0,641X. Dan dari hasil penelitian diketahui nilai R Square sebesar 0,190. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa adalah 19 % sedangkan 81 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 03:46
Last Modified: 17 Oct 2018 03:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4172

Actions (login required)

View Item View Item