Peningakatan Hasil Belajar IPS Meteri Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Menggunakan Metode Story Telling dan Media Audio Visual Gerak pada SiswaKelas V Semester II MI TARBIYATUL AULAD Jombor Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018

Syahbani, Nur (2018) Peningakatan Hasil Belajar IPS Meteri Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Menggunakan Metode Story Telling dan Media Audio Visual Gerak pada SiswaKelas V Semester II MI TARBIYATUL AULAD Jombor Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Meteri Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia pada SiswaKelas V Semester II MI Tarbiyatul Aulad Jombor Tuntang Kabupaten Semarang. Pernyataan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metodeStory Telling dan Media Audio Visual Gerakdapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Meteri Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Menggunakan MetodeStory Tellingdan Media Audio Visual Gerak padaSiswaKelas V Semester II MI Tarbiyatul Aulad Jombor Tuntang Kabupaten Semarang TahunPelajaran 2017/2018, untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Keriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaranIPS Meteri Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia padaSiswaKelas V Semester II MI Tarbiyatul Aulad Jombor Tuntang Kabupaten Semarang TahunPelajaran 2017/2018. Dengan metodeStory Telling dan Media Audio Visual Gerak ada peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat kondisi awal yaitu 29% siswa yang tuntas belajar. Pada siklus I meningkat menjadi 52,9% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 88,2% siswa tuntas . berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan metodeStory Tellingdan Media Audio Visual Gerak dapat meningkatkan hasil belajar IPS Meteri Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia pada SiswaKelas V Semester II MI Tarbiyatul Aulad Jombor Tuntang Kabupaten Semarang TahunPelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 03:56
Last Modified: 17 Oct 2018 03:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4175

Actions (login required)

View Item View Item