PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SUDUT MELALUI METODE PARTISIPATORI DAN MEDIA PAPER FAN PADA SISWA KELAS III A MADRASAH IBTIDAIYAH KARANGDUREN KEC. TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Mukhadiroh, Luluk Saidatun (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SUDUT MELALUI METODE PARTISIPATORI DAN MEDIA PAPER FAN PADA SISWA KELAS III A MADRASAH IBTIDAIYAH KARANGDUREN KEC. TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LulukSaidatunMukhadiroh 11514099 DONE.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar Matematika di MI Karangduren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 70. Hal ini dikarenakan siswa kurang memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung, sibuk bermain sendiri, mengobrol dengan teman yang menyebabkan siswa kurang memahami materi yang diajurkan, atau terjadi kesalahan kalkulasi dalam jawaban siswa sehingga mempengaruhi hasil akhir jawaban, sehingga metode partisipori dan media paper fan dirasa dapat mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penerapan metode partisipatori dan media paper fan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi sudut pada siswa kelas III A MI Karangduren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika materi sudut melalui metode partisipatori dan media paper fan pada siswa kelas III A MI Karangduren Kec. Tengaran Kab.Semarang. Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III A MI Karangduren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang yang berjumlah 19 siswa meliputi 6 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data analisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode partisipatori dan medi paper fan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III A MI Karangduren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II 31,54%. Hal ini dapat dilhat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I terdapat 63,16% siswa tuntas belajar. Siklus II terdapat 94,7% siswa tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu murni
Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 04:04
Last Modified: 17 Oct 2018 04:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4178

Actions (login required)

View Item View Item