Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Penyimpangan Perilaku Anak Tunagrahita di SMALB Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019

Oktaviani, Tri (2018) Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Penyimpangan Perilaku Anak Tunagrahita di SMALB Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi okta.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apa saja bentuk penyimpangan yang dilakukan anak tunagrahita di SMALB Negeri Salatiga dan bagaimana upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi penyimpangan perilaku tersebut. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data dengan menggunakan analisis data model interaktif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan truangulasi sumber dan metode. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian ini dilaksanakan di SMALB Negeri Salatiga Bulan Agustus sampai dengan September. Subjek dalam penelitian ini adalah narasumber utama yang dapat memberikan informasi data yang dibutuhkan untuk mengungkap permasalahan dalam penelitian ini, adapun subjeknya yaitu Guru pendidikan agama Islam. Sedangkan informannya adalah Kepala Sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan berupa metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penyajian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Tehnik analisis data dalam penelitian ini yaitu 1) data reduction (reduksi data), 2) data display (penyajian data), 3) drawing conclusion/ verification (penarikan kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian ini berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa bentuk-bentuk penyimpangan perilaku yang dilakukan anak tunagrahita antara lain: 1) tindakan anti sosial 2) tindakan yang tidak sesuai dengan norma di masyarakat. Sedangkan peran yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam hal mengatasi penyimpangan perilaku anak tunagrahita yaitu 1) konseling individual/pribadi. 2) metode pembiasaan yang dilaksanakan pada saat di dalam kelas maupun di luar kelas. 3) home visiting.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 04:13
Last Modified: 17 Oct 2018 04:13
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4181

Actions (login required)

View Item View Item