Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Macam-macam Shalat Sunnah Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Susukan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2018/2019

Ikabriyani, Damayanti (2018) Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Macam-macam Shalat Sunnah Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Susukan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran yang biasa dilakukan oleh pendidik dalam menyampaikan materi adalah dengan berceramah, sehingga peserta didik memiliki peran yang lebih pasif. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti melalukan penelitian tindakan kelas dengan judul peningkatan hasil belajar PAI materi macam-macam shalat sunnah melalui metode mind mapping pada siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 01 Susukan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PAI materi macam-macam shalat sunnah menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 01 Susukan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode mind mapping atau peta konsep yaitu suatu metode dengan memaksimalkan potensi otak kanan dan otak kirinya secara stimulan. Dalam pembelajaran metode ini meminta peserta didik untuk membuat suatu gambar tentang konsep-konsep utama yang saling berhubungan. Analisis data yang digunakan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar mata pelajaran PAI materi macam-macam shalat sunnah menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Susukan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2018/2019. Melalui metode mind mapping ada peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat kondisi awal yaitu 0% siswa yang tuntas belajar, pada siklus I meningkat menjadi 39,28% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 92,85% siswa tuntas. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi macam-macam shalat sunnah menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 01 Susukan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 04:15
Last Modified: 17 Oct 2018 04:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4182

Actions (login required)

View Item View Item