Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Iman Kepada Allah Dengan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Salatiga

Azidar, Irdia (2018) Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Iman Kepada Allah Dengan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Full.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan sejauh mana penerapan metode Mind Mappingdengan materi iman kepada Allah dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2017/2018. Rumusan masalah ini adalah apakah metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi iman kepada Allah pada siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Salatiga yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menghitung pencapaian nilai tiap siklus dengan ditandai tingkat pencapaian kriteria ketuntasan klasikal 85%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwah metode Mind Mapping dengan dapatmeningkatkanhasilbelajar PAI materi iman kepada Allah pada siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Salatiga. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari pra siklus ke siklus I 16% dan siklus I ke siklus II 40%. Dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswapada pra siklus 44%, siklus I 60%, dan siklus II 100%. Penelitian Tindakan Kelas ini dinyatakan berhasil karena hasil siklus II mencapai 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 04:18
Last Modified: 17 Oct 2018 04:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4183

Actions (login required)

View Item View Item