PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI DOKUMEN DAN BENDA BERHARGA DENGAN METODE PEER TEACHING PADA SISWA KELAS II MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HUDA, MUHAMAD MIFTAHUL (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI DOKUMEN DAN BENDA BERHARGA DENGAN METODE PEER TEACHING PADA SISWA KELAS II MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
huda.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar IPS di MI Tarbiyatl Aulad Jombor Kec. Tuntang Kab. Semarang masih rendah, terbukti dengan hasil belajar siswa kelas II yang belum mencapai KKM 75. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode yang sering kali digunakan yaitu metode ceramah dan tanya jawab saja, siswa tidak memeperhatikan guru saat menjelaskan didepan kelas, ada siswa yang mengobrol sendiri dengan teman sebangkunya, ada juga siswa yang melihat luar kelas saat pembelajaran, dan adapula siswa yang lari-larian didalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode peer taching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kec. Tuntang Kab. Semarang Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode peer teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPS materi dokumen dan benda berharga. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan dari setiap siklusnya. Yaitu pada nilai rata-rata kelas dan juga presentase ketuntasan belajar siswa. Pada pra-siklus diperoleh dari data 27 siswa, ternyata yang tuntas belajar hanya 3 siswa, sedangkan 24 siswa dinyatakan belum tuntas, dengan diperoleh nilai rata-rata 52,9%, dan presentase ketuntasan hanya mencapai 11%. Pada pra siklus ke siklus I, mengalami peningkatan yakni 2%, jumlah siswa yang tuntas belajar 4 siswa, dengan nilai rata-rata sebesar 58,8%, dan presentase ketuntasan mencapai 14%. Dan pada silus I ke siklus II, mengalami peningkatan yakni 74%, jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 24, dengan nilai rata-rata 87,4% dan presentase ketuntasan belajar mencapai 88%. Dengan demikian, ketuntasan belajar siswa kelas II MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kec. Tuntang Kab. Semarang dalam pembelajaran IPS materi dokumen dan benda berharga dengan menggunakan metode peer teaching 88%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 06:53
Last Modified: 17 Oct 2018 06:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4198

Actions (login required)

View Item View Item