Implementasi Quantum Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Walisongo Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019.

Muthoharoh, Merlina Fitria (2018) Implementasi Quantum Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Walisongo Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Quantum Learning yaitu model pembelajaran yang bersifat nyama dan menyenangkan bagi peserta didik. Model Quantum Learning ini dilakukan sebagai tindak lanjut terhadap kendala-kendala pembelajaran yang sering terjadi di dalam kelas ketika digunakan metode ceramah. Selama pembelajaran Pendidikan Agama Islam berlangsung masih berpusat kepada gurunya sedangkan siswanya masih menjadi pendengar yang pasif. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab rumusan masalah berikut: Bagaimana implementasi Quantum Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP Walisongo Karangmalang Kabupaten Sragen ?, Apa faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi Quantum Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP Walisongo Karangmalang Kabupaten Sragen ? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 Juli 2018 sampai tanggal 16 Agustus 2018 di SMP Walisongo Karangmlang. Prosedur pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Walisongo Karangmalang menggunakan model Quantum Learning. Model Quantum Learning ini digunakan karena sangat efektif. Langkah-langkah yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan Quantum Learning yaitu dengan menggunakan rancangan pembelajaran TANDUR. Faktor pendukung implementasi Quantum Learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Walisongo Karangmalang yaitu fasilitas yang sudah memadai, adanya semangat guru dalam mengajar dan siswa memiliki antusias yang tinggi untuk mengikuti proses pembelajaran tersebut. Sedangkan faktor penghambat implementasi pembelajaran Quantum Learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu kurangnya alokasi waktu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:11
Last Modified: 17 Oct 2018 07:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4203

Actions (login required)

View Item View Item