Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Mind Map Dan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Di MI NU Al Hidayah Pancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018

Hamidah, Siti Nur (2018) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Mind Map Dan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Di MI NU Al Hidayah Pancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HAMIDAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis karangan narasi pada siswa kelas IV MI NU A Hidaah ancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018 Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan strategi mind map dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menuis karangan narasi pada siswa kelas lV MI NU Al Hidayah Pancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018, Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui duasiklus yaitu siklus I dan siklus II.Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan narasi pada siswa kelas IV MI NU Al Hidayah Pancuran Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Melalui strategi mind map dan media gambar ada peningkatan hasil belajar,Hal ini dapat dilihat pada kenaikan dari pra siklus siswa yang tuntas belajar 6 siswa (33%), sedangkan yang belum tuntas belajar sejumlah 12 siswa (66%) dengan nilai rata-rata 63,05. Hasil siklus I siswa yang tuntas belajar sejumlah 12 siswa (66%), sedangkan yang belum tuntas belajar sejumlah 6 siswa (33%) dengan nilai rata-rata 69,61. Berdasarkan hasil tersebut belum memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan, maka dilanjutkan siklus II dengan materi dan waktu yang berebeda. Hasil belajar siklus II diperoleh data, 16 siswa (88%) tuntas belajar dan 2 siswa (11%) belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata 76,38 Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui strategi mind map dan media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis karangan narasi pada siswa kelas lV MI NU Al Hidayah Pancura kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:32
Last Modified: 17 Oct 2018 07:32
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4210

Actions (login required)

View Item View Item