PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI SUJUD SYUKUR DAN SUJUD TILAWAH MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VIII A SEMESTER I MTs NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Niam, Ahmad Fitahun (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI SUJUD SYUKUR DAN SUJUD TILAWAH MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VIII A SEMESTER I MTs NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih materi sujud syukur dan sujud tilawah pada siswa kelas VIII A Semester I MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas VIII A MTs Negeri Salatiga dengan jumlah siswa 32 yang terdiri dari 13 laki-laki dan 19 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan metode demonstrasi. Penelitian tindakan kelas terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dievaluasi dalam refleksi untuk menyusun perbaikan dalam tindakan siklus selanjutnya. Untuk mengumpulkan data diperlukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes formatif untuk melihat ada tidaknya peningkatan hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor yang diperoleh pada setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 75 (sesuai dengan KKM yang berlaku di MTs Negeri Salatiga). Diperoleh bahwa hasil belajar dari mulai pra siklus yang mencapai KKM (75) hanya 14 siswa dari 32 siswa dengan persentase 43,75% dan 18 siswa dengan persentase 56,25% belum mencapai KKM (75) dengan rata-rata nilai 67,5. Sedangkan pada siklus I, 21 siswa dinyatakan telah mencapai KKM (75) dengan persentase 65,62% dan rata-rata 72,03. Memasuki siklus II, 28 dari 32 siswa telah mencapai KKM (75) dengan persentase 87,5% dan rata-rata 77,18. Maka PTK ini dinyatakan berhasil (87,5% ≥ 85% KKM kelas). Dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi sujud syukur dan sujud tilawah. Selain peningkatan hasil belajar, keaktifan dan minat serta perhatian siswa juga meningkat dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 03:52
Last Modified: 18 Oct 2018 03:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4239

Actions (login required)

View Item View Item